6 Ide Sarapan Pagi Sebagai Penderita Ginjal yang Lezat dan Bergizi

Jakarta

Sarapan pagi Berencana membantu Menyusun hari kamu lebih sehat dan lebih baik. Bagi penderita Gangguan ginjal, khususnya Gangguan ginjal kronis atau Chronic kidney disease (CKD), pemilihan sarapan perlu diperhatikan.

Walaupun banyak Konsumsi Sebagai sarapan ramah ginjal, Akan Tetapi tidak semuanya cocok. Secara Keseluruhan, Konsumsi yang rendah natrium, kalium, dan fosfor baik Sebagai Sebagai penderita CKD.

Simak menu apa saja yang cocok sebagai sarapan pagi Sebagai penderita Gangguan ginjal kronis berikut ini.


Sarapan Pagi Sehat Sebagai Penderita Ginjal

Ahli Pola Makan ginjal, Laura Kyte, mengungkapkan bahwa pemilihan Konsumsi juga bergantung Ke stadium CKD-nya.

“Tergantung Ke stadium CKD. Kamu Mungkin Saja disarankan Sebagai membatasi Konsumsi kaya kalium dan/atau fosfat. Sayangnya hal ini berarti sarapan Unjuk seperti bayam, pisang, tomat, alpukat, dan kentang sebaiknya tidak dimasukkan Di menu (sarapan),” jelas Lauren, dikutip Di laman Kidney Care UK.

Dilansir Kidney Care UK, berikut adalah pilihan sarapan pagi yang ramah Sebagai penderita ginjal:

1. Buah Rendah Kalium

Memulai hari Di sarapan buah tetap penting. Bagi penderita ginjal, Lauren merekomendasikan pilihan sarapan buah rendah kalium.

Berikut adalah buah yang bagus Sebagai penderita sakit ginjal:

  • Semangka
  • Apel
  • Jeruk clementine
  • Pir
  • Blueberry

2. Pilihan Roti

Jika ingin sarapan menggunakan roti, Laura merekomendasikan roti coklat daripada roti putih.

“Roti gandum sering dibenci Di penderita CKD Lantaran kandungan mineralnya yang lebih tinggi. Akan Tetapi kenyataannya, Lebih tinggi serat berarti banyak potasium dan fosfat tidak mudah diserap Hingga Di tubuh,” jelasnya.

3. Alternatif Susu dan Olahannya

Mengenai produk susu, ada alternatifnya yaitu susu nabati. Rekomendasinya susu kedelai, susu oat, susu almond, atau susu beras.

“Idealnya merek (susu) organik, Lantaran tidak mengandung bahan tambahan yang mengandung kalium atau fosfat,” kata Laura.

Sedangkan Sebagai keju, disarankan Sebagai mengkonsumsi keju keras tidak lebih Di 4-6 ons (hingga 170g) seminggu, dan sedikit lebih banyak Sebagai keju lunak, seperti keju krim, brie, atau keju Di susu kambing.

Hal ini juga bisa mempengaruhi pilihan sarapan penderita ginjal. Seperti diketahui, Laura mencatat bagaimana produk susu cenderung tinggi potasium dan fosfat.

“Sebagian besar pasien CKD perlu membatasi konsumsi susu, hanya Disekitar 285 ml susu sehari, termasuk yoghurt juga,” katanya.

4. Minuman Kafein dan Teh

Sebagian orang memulai paginya Di meminum Minuman Kafein, yang Mungkin Saja dibatasi Disekitar satu cangkir (termasuk yang tanpa kafein).

Samping Itu, daripada Minuman Kafein instan, Minuman Kafein saring berkualitas baik Karena Itu pilihan sedikit lebih baik.

“Ekstrak sawi putih adalah salah satu alternatif pengganti Minuman Kafein, walaupun Mungkin Saja kurang tepat, dan teh boleh diminum,” ungkap Lauren.

5. Jus Cranberry

Jus cranberry adalah buah yang bagus Sebagai ginjal. Pasalnya, buah tersebut Memperoleh kandungan potasium yang rendah.

6. Telur

Telur bisa dimakan sebagai sarapan pagi Sebagai penderita Gangguan ginjal. Pasalnya, ia merupakan sumber protein berkualitas tinggi.

Telur bisa dimakan Di berbagai cara, seperti diorak arik atau omelette, direbus, telur dadar, atau ditambahkan Hingga sandwich maupun salad.

Menurut National Kidney Foundation, Walaupun telur merupakan sumber protein hewani dan fosfor yang baik, Akan Tetapi Ke penderita CKD konsumsinya perlu dibatasi. Memilih telur rendah natrium dan kalium Mungkin Saja bisa membantu.

Makan telur mentah atau kuningnya yang encer Berencana berisiko terkena Gangguan bawaan Konsumsi. Karena Itu pastikan Sebagai makan telur Di kuning telur matang, terutama jika pernah menjalani transplantasi.

Konsumsi Bergizi adalah Kunci Di Kesejaganan secara keseluruhan, termasuk Gangguan ginjal. Konsumsi pokok seperti oatmeal, buah segar, atau telur orak-arik semuanya cocok Sebagai pola makan ramah ginjal.

Berikut adalah beberapa variasi menu sarapan Sebagai penderita ginjal:

  1. Bubur oat Di apel rebus.
  2. Roti panggang Di kacang saus bawang putih kental.
  3. Muffin gandum utuh blueberry.
  4. Omelet Di daun bawang dan keju kambing (goat’s cheese).
  5. Haddock dan kangkung kedgeree
  6. Granola soba Di cranberry dan kacang macadamia.

Laura mengatakan bahwa salah satu cara terbaik Sebagai mempertahankan kebiasaan sarapan yang menyehatkan ginjal, yaitu Di memastikan variasi sarapan sepanjang minggu.

“Menurut Penghayatan saya, penderita CKD stadium lanjut sering kali terbangun Di perasaan mual, dan makan merupakan hal terakhir yang ingin mereka lakukan,” terangnya.

Ia menambahkan kalau Di Situasi Ini, Mungkin Saja berarti mereka harus menunggu sebentar Setelahnya bangun tidur Sebagai sarapan.

Hingga sisi lain, pastikan juga penderita CKD Sebagai berkonsultasi Di Ahli Kebugaran dan ahli Pola Makan Sebagai Merasakan saran sarapan pagi yang lebih spesifik.

Semoga ide sarapan pagi sehat Sebagai penderita ginjal tadi bisa menambah informasi, Sebagai mendukung Kesejaganan ginjal setiap hari terutama Bagi penderita CKD.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: 6 Ide Sarapan Pagi Sebagai Penderita Ginjal yang Lezat dan Bergizi