Ini Usia Tepat Bayi Boleh Diberi Hidangan Padat

Seorang ibu harus mengetahui Hingga usia berapa bayi boleh diberikan asupan Hidangan padat. Foto Ilustrasi/iStock

SURABAYA – Seorang ibu harus mengetahui Hingga usia berapa bayi boleh diberikan asupan Hidangan padat. Jangan sampai bayi yang umurnya Hingga bawah 29 hari sudah diberi Hidangan padat. Hal tersebut sangat berbahaya.

Pakar Spesialis Anak Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) dr. Nuril Widjaja mengatakan, memberi asupan Hidangan padat Di bayi yang belum waktunya cukup berbahaya. Bayi yang berumur kurang Bersama 29 hari (neonatus) Memperoleh keterbatasan Di organ tubuhnya.

“Umumnya bayi neonatus belum mampu mengonsumsi Hidangan yang padat seperti halnya nasi, pisang, dan sebagainya. Hal itu disebabkan Di usia tersebut, beberapa organ belum dapat bekerja Bersama maksimal. Tindakan Menyediakan Hidangan padat Pada belum memasuki usia ideal merupakan tindakan berisiko,” paparnya.

Dia menerangkan, sistem koordinasi Di organ rongga mulut bayi berumur 0-6 bulan sangat terbatas. Mereka hanya mampu melakukan gerakan maju mundur (Didepan Hingga Di) yang menyebabkan bayi cuma bisa Menyaksikan asupan Hidangan Di bentuk yang cair.

“Asupan yang tepat Bagi bayi Di umur tersebut yakni air susu ibu (ASI). Sekali pun bubur tampaknya lembut dan mudah Bagi dikonsumsi, nyatanya bayi belum Memperoleh lip seal. Artinya, bayi Berencana melakukan reaksi spontan yakni tersedak dan melepeh Hidangan tersebut,” jelasnya.

Tidak Cuma Itu, sistem saluran pencernaan bayi neonatus belum terbentuk enzim-enzim Bagi mengolah Hidangan secara lengkap. Hal itu menyebabkan Hidangan padat sukar dicerna Bersama bayi. Apabila bayi dipaksa Bagi mengonsumsi Hidangan tersebut dapat menimbulkan gangguan pencernaan.

“Hidangan padat yang dipaksa masuk Di organ bayi Berencana berisiko menyumbat jalur pencernaan Di usus. Nantinya, dikhawatirkan menyebabkan intususepsi usus yang ditandai Bersama membesarnya perut seperti orang kembung,” imbuh Nuril.

Nuril menegaskan, intususepsi usus Di bayi sangat berbahaya serta menyebabkan necrosis usus (kerusakan Di usus). Apabila tidak segera Menyaksikan penanganan terbaik mengakibatkan kematian Di sang bayi.

“Bersama karna itu, bayi Di usia tersebut dianjurkan hanya mengonsumsi ASI. ASI merupakan zat gizi terbaik Bagi bayi. Apabila bayi kesulitan Menyaksikan ASI ekslusif Bersama ibu dapat digantikan Bersama susu formula yang sesuai Bersama anjuran,” imbaunya.

Nuril menganjurkan, bayi Bersama umur 4-6 bulan dapat mengonsumsi Hidangan-Hidangan padat. Di usia tersebut, saluran pencernaan (usus) sudah sempurna Di Menyaksikan dan mengolah Hidangan padat. Ditambah, usia tersebut ASI Menyaksikan penurunan zat gizi.

“Bersama sebab itu, usia tersebut ideal Bagi Menyediakan Hidangan padat serta diselingi Bersama pemberian protein hewani Agar dapat memenuhi kebutuhan kekurangan zat gizi Di ASI,” tuturnya.

Pakar Kesejajaran Anak UNAIR itu menekankan pemberian Hidangan padat Di bayi tidak boleh sembarangan. Ia mengimbau Bagi melakukan konsultasi Di petugas Kesejajaran atau ahli Di bidang Kesejajaran anak Bagi Menyaksikan rekomendasi Hidangan yang sehat dan aman buat bayi.

“Pemberian Hidangan padat ini harus Di pantauan yang ketat serta Menyaksikan rekomendasi Di ahlinya. Bersama itu, sang ibu tidak khawatir dan bayi pun tetap Menyaksikan Hidangan Bergizi terbaik Di masa pertumbuhannya,” ungkap Nuril.

(tsa)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Ini Usia Tepat Bayi Boleh Diberi Hidangan Padat