Bisnis  

PLN Rampungkan 3 Infrastruktur Listrik Tegangan Tinggi Ke IKN

PLN (Persero) berhasil merampungkan 3 infrastruktur bertegangan tinggi Sebagai menopang sistem kelistrikan Ibu Kota Negeri (IKN) Nusantara. Foto/Dok

JAKARTA – PT PLN (Persero) berhasil merampungkan 3 infrastruktur bertegangan tinggi Sebagai menopang sistem kelistrikan Ibu Kota Negeri ( IKN ) Nusantara. Ketiga infrastruktur Bersama realisasi Tingkat Komponen Di Negeri sebesar 67,29% tersebut meliputi 1 unit Gas Insulated Switchgear (GIS) dan 2 unit jaringan transmisi bertegangan 150 kilovolt (kV).

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo Mengungkapkan, PLN berkomitmen penuh mendukung upaya pemerintah Di membangun IKN Bersama Prototipe Kota Hutan (Forest City) yang pintar, indah, dan ramah lingkungan.

“Kami berkomitmen penuh Sebagai mendukung infrastruktur kelistrikan hijau Ke IKN. Ini Berencana menjadi Ibu Kota terbaik Bersama Ilmu Pengetahuan canggih, menggunakan sumber energi bersih yang didukung Bersama Ilmu Pengetahuan pintar berbasis Kecerdasan Buatan (AI) paling mutakhir dan estetik,” terang Darmawan Di keterangan resminya, Minggu (2/6/2024).

Darmawan melanjutkan, Sukses PLN menyelesaikan pembangunan infrastruktur kelistrikan ini juga turut menyumbang peningkatan progres pembangunan IKN. Hal ini menjadi komitmen perseroan mendukung Pemerintah Di pembangunan IKN sekaligus kesiapan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Hingga-79 Ke IKN yang Berencana dipimpin langsung Bersama Ri Joko Widodo (Jokowi) Ke 17 Agustus mendatang.

“PLN terus menyiapkan sistem kelistrikan yang selaras Bersama grand design pembangunan IKN. Termasuk Sebagai persiapan upacara peringatan HUT Hingga-79 Kemerdekaan RI Agustus nanti, kami telah Menyusun segala sesuatunya Sebagai mendukung suksesnya momen bersejarah Ke IKN tersebut,” ujarnya.

General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Kalimantan Dibagian Timur, Raja Muda Siregar menjelaskan, pihaknya telah berhasil menyelesaikan infrastruktur kelistrikan Di waktu yang cepat dan tanpa mengganggu sistem kelistrikan eksisting.

“Kami berhasil melakukan energize perdana Sebagai ketiga infrastruktur ini tanpa mengganggu sistem kelistrikan yang ada dan diselesaikan Di waktu kurang Di 1 tahun,” imbuh Raja.

Raja menjelaskan bahwa kedua jaringan transmisi ini dibangun Bersama panjang total 52,8 kilometer sirkuit (kms) dan GIS IKN menjadi yang pertama Ke Kaltim Bersama kapasitas sebesar 120 Megavolt ampere (MVA).

Samping Itu, dirinya juga mengapresiasi kolaborasi para stakeholder mulai Di pemerintah setempat, aparat, Kelompok hingga mitra kerja yang terlibat Di penyelesaian infrastruktur kelistrikan ini.

“Kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih atas Dukungan Di semua stakeholder Yang Berhubungan Bersama Supaya PLN dapat menyelesaikan penyediaan infrastruktur kelistrikan Sebagai IKN Nusantara,” pungkas Raja.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: PLN Rampungkan 3 Infrastruktur Listrik Tegangan Tinggi Ke IKN