Wisata  

Lagi, Kendaraan Angkutan Umum Perjalanan Di Luarnegeri Nyaris Celaka! Terbakar gegara Siswa Ngecas Powerbank



Jogja

Kendaraan Angkutan Umum Perjalanan Di Luarnegeri yang mengangkut rombongan SMP Bina Cendekia Astanajapura Cirebon terbakar Di parkiran Panembahan Senopati. Penyebabnya ada yang ngecas powerbank!

Kendaraan Angkutan Umum Perjalanan Di Luarnegeri yang disewa buat study tour siswa-sisi SMP itu terbakar Di Selasa (28/5). Kabar terbakarnya Kendaraan Angkutan Umum Perjalanan Di Luarnegeri tersebut viral Di media sosial usai diunggah Di Instagram akun @Merapi_uncover. Akun tersebut membagikan video proses pemadaman kebakaran.

“[Breaking News] terjadi kebakaran Di Taman Parkir Senopati Jogja, Klo kata orang Disekitar ada yang cas HP pakai powerbank didalem bis, trs meledak sudah ada damkar Di lokasi,” tulis akun tersebut.


Salah seorang guru pendamping, Kadrana Ismail (61), mengatakan yang terbakar adalah Kendaraan Angkutan Umum 1. Berdasarkan keterangan yang dia dapatkan, kebakaran disebabkan powerbank milik salah seorang siswa yang dicas Di Untuk Kendaraan Angkutan Umum.

“Bersama Sebab Itu informasinya ini kan Kendaraan Angkutan Umum 1, informasinya ada anak Untuk Kendaraan Angkutan Umum 2 nyolokin powerbank ngecas powerbank. Situasi Kendaraan Angkutan Umum waktu itu Untuk keadaan tidak berjalan, berhenti,” jelasnya Di lokasi kejadian.

Insiden itu mengakibatkan Dibagian atas Kendaraan Angkutan Umum bernomor polisi E 7603 KC itu terbakar. Beruntung, kebakaran bisa segera dilokalisir dan diatasi. Terlihat hanya ada Dibagian plafon Kendaraan Angkutan Umum yang meleleh. Sedangkan secara keseluruhan Kendaraan Angkutan Umum masih terlihat utuh.

Ismail menuturkan, tidak ada siswa yang Luka Untuk kejadian tersebut. Ini Lantaran seluruh siswa berada Di luar Kendaraan Angkutan Umum Di Di kebakaran terjadi. Akansegera tetapi, beberapa Barang Dagangan milik siswa dan guru basah Lantaran air Untuk pemadam kebakaran.

“Posisi anak semua turun kosong hanya Barang Dagangan-Barang Dagangan saja. Di bagasi Barang Dagangan selamat. Untuk Kendaraan Angkutan Umum juga selamat cuma basah Lantaran kesiram air. Saya Di sini sudah ada damkar,” katanya.

Kasi Humas Polresta Jogja, AKP Sujarwo membenarkan penyebab kebakaran Kendaraan Angkutan Umum Perjalanan Di Luarnegeri rombongan study tour anak-anak SMP Untuk Cirebon itu akibat Untuk korsleting listrik.

Sujarwo menuturkan, peristiwa kebakaran terjadi pukul 20.00 WIB. Berawal Untuk saksi siswa SMP Bina Cendekia Astanajapura Cirebon yang melihat adanya kepulan asap Untuk Untuk Kendaraan Angkutan Umum.

“Dilihat ternyata sumber api berasal Untuk kabel charger yang menempel Di soket panel AC rak Kantong atas bangku penumpang nomor 6,” jelasnya Di dihubungi Melewati sambungan telepon, Rabu (29/5) pagi.

Situasi kabel yang menempel Di soket inilah menjadi penyebab kebakaran. Alhasil percikan api langsung menyambar jok nomor 6. Termasuk membakar kompartemen yang berada Di atasnya.

“Bersama Sebab Itu kabel yang masih menempel Di soket terbakar dan menyambar jok nomor 6 berikut plafon Di Disekitar,” katanya.

Untungnya api tidak merambat lebih luas. Ini Lantaran warga Disekitar Melakukanupaya memadamkan api Bersama alat seadanya. Hingga akhirnya tiba satu unit Kendaraan Pribadi Damkar Untuk Kota Jogja.

——-

Artikel ini telah naik Di detikJogja.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Lagi, Kendaraan Angkutan Umum Perjalanan Di Luarnegeri Nyaris Celaka! Terbakar gegara Siswa Ngecas Powerbank