Deretan Komjen Pol Bergelar Profesor, Nomor 2 Tangkap Gembong Teroris Dr Azhari dan Peraih Adhi Makayasa

Ada sejumlah Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) yang menyandang gelar tertinggi akademik sebagai professor. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Ada sejumlah Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol) yang bergelar professor. Para perwira tinggi (Pati) bintang tiga tersebut menduduki sejumlah jabatan penting baik Di institusi maupun Di luar institusi Polri.

Selain menduduki jabatan penting, mereka juga merupakan anggota Polri yang Memiliki banyak Penghayatan. Termasuk berhasil Menyita gembong teroris paling ditakuti yakni Dr. Azhari.

Berikut ini beberapa Komjen Pol yang Memiliki gelar profesor:

1. Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho

Komjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho merupakan Pati Polri yang menyandang gelar tertinggi akademik Profesor. Di ini, dia menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Jabatan tersebut diemban Rudy Heriyanto Sebelum 11 Desember 2023 hingga Di ini. Rudy merupakan alumni Sekolah Perwira Polri 1993 yang berpengalaman Di bidang reserse.

Pada mengabdi Di Korps Bhayangkara, pria kelahiran Jakarta, 17 Maret 1968 ini banyak menduduki jabatan penting. Di antaranya, Kasubbid Peraturan Bid. Kumdang Div Binkum Polri, Kapolres Cimahi, Lalu sebagai Kasubbagsun Aturantertulis Bagsunkum Rosunluhkum Divkum Polri.

Sempat menjabat sebagai Kaden C Ropaminal Divpropam Polri Di 2012, dia Lalu dipindah menjadi Kabaginpam Ropaminal Divpropam Polri. Dia juga pernah dipercaya menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Barat.

Kariernya Di kepolisian cukup cemerlang, Rudy Lalu diangkat menjadi Dirreskrimum Polda Metro Jaya Di 2016, Lalu ditarik kembali Hingga Mabes Polri Bersama menjabat sebagai Dirtipidter Bareskrim Polri Di 2017.

Berikutnya menjabat sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri Di 2018, Widyaiswara Utama Sespim Polri, Lalu, Kadivkum Polri, Kapolda Banten Di 2020 dan sempat menjadi Guru Besar Universitas Lampung, Sebelumnya akhirnya menjabat sebagai Sekjen KKP Sebelum 2023 hingga Di ini.

2. Komjen Pol Mohammed Rycko Amelza Dahniel

Mohammed Rycko Amelza Dahniel juga merupakan Pati Polri yang menyandang gelar profesor. Di ini, dia menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Kekerasan Politik (BNPT).

Jabatan tersebut diemban Rycko Sebelum 3 April 2023. Lulusan lulusan terbaik peraih Adhi Makayasa Akademi Kepolisian (Akpol) 1988 B ini sangat berpengalaman Di bidang Reserse.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Deretan Komjen Pol Bergelar Profesor, Nomor 2 Tangkap Gembong Teroris Dr Azhari dan Peraih Adhi Makayasa