Bisnis  

PLN EPI Dukung Peningkatan Kapasitas BUMDes Gunungkidul

PLN EPI Mengadakan pelatihan Sebagai Meningkatkan kapasitas BUMDes Ke Kalurahan Gombang & Karang Asem Gunung Kidul, DIY. FOTO/Ist

JAKARTA – Guna mendukung Pembaruan ekonomi lokal, Subholding PT PLN Energi Primer Indonesia (PLN EPI) Melewati Langkah tanggung jawab sosial perusahaan Memusatkan Perhatian Ke peningkatan kapasitas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ke Kalurahan Gombang & Karang Asem Gunung Kidul, DIY.

Langkah peningkatan kapasitas ini bertujuan Sebagai Meningkatkan kemampuan pengelolaan BUMDes, mendukung kemandirian ekonomi, serta Meningkatkan Keadaan Kelompok setempat. Langkah ini dilaksanakan Melewati serangkaian pelatihan, studi banding, dan pendampingan Sebagai Meningkatkan kompetensi pengurus BUMDes Untuk tata kelola usaha.

Pelatihan yang diikuti Dari 20 Orang yang berlangsung Pada tiga hari ini telah berhasil menindaklanjuti Pembaruan usaha BUMDes berdasarkan potensi lokal yang ada Ke Kalurahan Gombang & Karang Asem. Peserta memperoleh pengetahuan mendalam tentang Prototipe dan regulasi BUMDes, praktik terbaik Untuk pengelolaan usaha desa, strategi Pembaruan unit usaha, Pembaruan model Usaha, serta pemasaran produk.

Sebagai bentuk komitmen PLN EPI Sebagai memastikan Sustainability Langkah, dilakukan pula pendampingan berupa Focus Group Discussion (FGD) pascapelatihan Bersama Dinas Pemberdayaan Kelompok dan Kalurahan Kabupaten Gunung Kidul dan magang Ke BUMDes Maju Mandiri Desa Bejiharjo yang merupakan pengelola Kawasan Wisata Goa Pindul Gunung Kidul Pada dua minggu.

Pendampingan ini bertujuan Sebagai membantu pengurus BUMDes Untuk menata organisasi, menyusun Wacana usaha, dan memperoleh pengetahuan praktis tentang Pembaruan usaha desa. Sedangkan, magang Ke BUMDes bertujuan agar pengurus BUMDes Memperoleh pengetahuan tentang Pembaruan usaha, strategis Usaha dan tata Kelola BUMDes.

Direktur Utama PLN EPI Iwan Agung Firstantara mengungkapkan, kegiatan ini merupakan Pada Untuk upaya berkelanjutan perusahaan Untuk mendukung pemberdayaan ekonomi Kelompok. Pembaruan BUMDes ini menjadi bentuk Dukungan PLN EPI Untuk menjalankan environmental, social, dan corporate governance (ESG).

“Pelatihan ini diharapkan dapat Memberi nilai tambah ekonomi serta dapat mendukung kemandirian Kalurahan Melewati Pembaruan ekosistem usaha Kelompok yang terintegrasi,” papar Iwan Untuk keterangannya, Rabu (17/7/2024).

Direktur BUMDes Karang Asem Latihan Yoga Saputra yang menjadi salah satu peserta pelatihan menyampaikan apresiasinya atas Langkah. Melewati pelatihan yang diberikan dia berharap Kalurahan dan Kelompok setempat dapat mencapai kemandirian ekonomi yang berkelanjutan.

“Kami berharap pelatihan ini dapat Membuat BUMDes Ke Kalurahan kami lebih baik lagi, mampu memberdayakan Kelompok dan Memberi kontribusi Di pendapatan Kalurahan,” ujarnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: PLN EPI Dukung Peningkatan Kapasitas BUMDes Gunungkidul