Bisnis  

Profil Burhanuddin Abdullah, Komut PLN yang Terbaru Pengganti Agus Martowardojo

Komisaris Utama PLN Burhanuddin Abdullah. FOTO/Ist

JAKARTA – Pejabat Tingginegara Badan Usaha Milik Negeri (BUMN) Erick Thohir menunjuk Burhanuddin Abdullah sebagai Komisaris Utama PT PLN (Persero). Burhanuddin ditunjuk menggantikan Agus Dermawan Wintarto Martowardojo yang Sebelumnya mengisi posisi tersebut.

Burhanuddin Abdullah merupakan Mantan Ketua Dewan Pakar Skuat Sosialisasi Politik Nasional (TKN) Prabowo-Gibran Di pilpres 2024 lalu. Tak hanya itu, pemegang saham juga menunjuk Andi Arief selaku Komisaris Independen.

Andi Arief Sebelumnya dipercaya menjadi Kepala Badan Pemenangan Pemungutan Suara Rakyat (Bappilu) Partai Demokrat, yang merupakan partai Kerja Sama Politik Prabowo-Gibran.

“Benar (Andi Arief Dari Sebab Itu Komisaris Independen dan Burhanuddin Abdullah Dari Sebab Itu Komisaris Utama PLN),” ujar Deputi Bappilu Demokrat Kamhar Lakumani, Selasa (23/7/2024).

Profil Burhanuddin Abdullah

Melansir Di berbagai sumber, Selasa (23/7), Burhanuddin Abdullah lahir Di Garut, Jawa Barat, Di 10 Juli 1947. Dia pernah menjabat sebagai Pejabat Tingginegara Koordinator Bidang Perekonomian Di bawah Pemerintahan Pemimpin Negara Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.

Dia juga adalah mantan Gubernur Bank Indonesia Dari 2003-2008 dan Gubernur Sebagai International Monetary Fund (IMF), Washington DC, Di Indonesia.

Sebelumnya, dia dipercaya menjadi Ketua Umum Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) periode 2003-2006, dan terpilih kembali Sebagai periode 2006-2008. Pada kariernya Di Bank Indonesia, dia pernah menduduki beberapa jabatan Di Di dan luar negeri.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Profil Burhanuddin Abdullah, Komut PLN yang Terbaru Pengganti Agus Martowardojo