Toyota Uji Coba Bioetanol 100 Persen


Tangerang, CNN Indonesia

PT Pertamina (Persero) berkolaborasi Di Toyota melakukan pengisian perdana dan menguji coba penggunaan bioetanol yang bersumber Untuk batang tanaman sorgum Di kendaraan roda empat.

Uji coba ini dilakukan Ke bertepatan pameran Kendaraan Pribadi GIIAS 2024, ICE BSD, Tangerang, Banten. Pengujian menggunakan 100 persen bioethanol (E100).

Senior Vice President Technology Innovation PT Pertamina (Persero), Oki Muraza menjelaskan, Pertamina telah memproduksi 150 liter bioethanol yang diproduksi Untuk ampas biomasa, yaitu batang tanaman Sorgum.

“Nira sorgum didapatkan Melewati kerjasama Di universitas setempat yang sudah melakukan uji penanaman Ke beberapa lahan,” kata dia Ke ICE, BSD, Tangerang Untuk keterangan resmi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelahnya itu nira yang dihasilkan difermentasi menjadi bioethanol dan Lalu dimurnikan. Proses produksi bahan bakar nabati tersebut menggunakan peralatan distilasi dan dehidrasi Ke Laboratorium Technology Innovation milik Pertamina.

Oki menjelaskan bioetanol yang diuji Ke Fortuner FFV diklaim terjadi peningkatan Prestasi, Di pembakaran yang rendah emisi.

“Bioethanol yang diuji Ke Toyota Fortuner Flexy Fuel Vehicle (FFV) Menunjukkan peningkatan Prestasi Di pembakaran yang lebih sempurna dan emisi yang lebih rendah dibandingkan Di bahan bakar fosil Di umumnya,” kata Oki.

Langkah Pertamina Berikutnya, ungkap Oki, yakni Memperbaiki produksi Bioethanol Untuk skala laboratorium Ke skala yang lebih besar.

Secara bertahap, Pertamina mengimplementasikan secara bertahap Bioethanol Ke Indonesia dimulai Untuk Pertamax Green 95 yaitu bahan bakar Di kandungan Bioethanol 5% (E5).

“Di memproduksi bioethanol Untuk sorgum tidak hanya menjadi sumber energi Mutakhir terbarukan Sebagai Indonesia, tetapi juga Pembaharuan ini memproduksi bahan bakar tanpa berkompetisi Di bahan Ketahanan Pangan, dapat membuka lapangan pekerjaan dan usaha kecil menengah Mutakhir Ke sektor perkebunan sorgum, pengolahan nira, dan pengolahan bioethanol,” tambah Oki.

Di ajang GIIAS 2024 Toyota juga Memperkenalkan Kendaraan Pribadi Konsep Zenix HEV yang dapur pacunya telah disesuaikan agar dapat menenggak bioetanol 100 persen alias E100.

Menurut Toyota Konsep Kendaraan Pribadi E100 sekaligus menegaskan komitmen dan antusiasme perusahaan Untuk kontribusinya Di ketahanan energi nasional.

[Gambas:Video CNN]

(can/mik)




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Toyota Uji Coba Bioetanol 100 Persen