Wisata  

Bangunan Cagar Adat Istiadat Dunia Di Solo DIjual Rp 15,5 M



Solo

Bangunan Cagar Adat Istiadat Dunia (BCB) Bondo Loemakso yang dulunya warisan Alat Buwono X Keraton Solo dijual senilai Rp 15,5 miliar.

Didalam pantauan detikJateng, Selasa (4/6/2024), bangunan yang tak jauh Didalam Keraton Solo dan Alun-alun Utara itu dipasang spanduk bertuliskan ‘dijual’. Didalam penelusuran detikJateng, Di salah satu website jual beli properti, bangunan Bondo Loemakso dijual Didalam harga Rp 15,5 miliar.

Kabar dijualnya bangunan kuno itu dibenarkan Didalam salah satu kerabat Keraton Solo, KPH Eddy Wirabumi. Dirinya mengaku bahwa bangunan itu sudah dimiliki Didalam perseorangan.


“Sejauh yang saya tahu sudah menjadi milik pribadi. Saya nggak tahu persis gimananya,” ujarnya dihubungi awak media, Selasa (4/6/2024).

Dirinya mengatakan bangunan tersebut sudah menjadi milik pribadi Dari lama. Menurutnya, sudah lebih Didalam 10 tahun bangunan tersebut bukan lagi milik Keraton Solo.

KPH Eddy mengaku tidak tahu secara persis bangunan tersebut bisa berada Di tangan perseorangan. Ia menyebut dulunya bangunan itu diberikan Didalam salah satu putri Keraton.

“Ya saya agak lupa persisnya, dulu kan diberikan almarhum diberikan Hingga salah satu putrinya, terus putrinya Di mengurus sertifikatnya menggunakan jasa pihak ketiga. Lalu perjalanan Setelahnya Itu Karena Itu milik pihak ketiga. Pemilik itu Di luar Keraton Solo,” ucapnya.

Bangunan Bondo Loemakso yang sudah menjadi milik perseorangan dijual Di akun jual beli. (Capture Web Brighton)

Dilansir Didalam website surakarta.go.id Bondon Loemakso dibangun Sebelumnya tahun 1917. Bangu­nan Kantor Bondo Loemakso dibangun Di masa pemerintahan Alat Buwono X Didalam rancangan arsitek Belanda, Thomas Karsten.

“Itu dulunya kayak bank BTN itu hlo kalau zaman sekarang. Karena Itu itu tugasnya membangun apa ya properti gitu,” pungkasnya.

________________

Artikel ini telah tayang Di detikJateng

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Bangunan Cagar Adat Istiadat Dunia Di Solo DIjual Rp 15,5 M