Pilihan Latihan yang Tepat Untuk Orang Didalam Riwayat Operasi Jantung


Jakarta

Operasi jantung merupakan prosedur medis yang serius dan memerlukan perhatian khusus Ke proses pemulihannya. Tak sedikit pasien akhirnya mempertanyakan apakah mereka boleh Aktivitasfisik Sesudah menjalani operasi jantung?

Spesialis bedah toraks dan kardiovaskular Siloam Hospitals Lippo Village dr Maulidya Ayudika Dandanah, SpBTKV(K) FIHA menjelaskan bahwa usai menjalani operasi jantung, pasien memang harus menjalani Perawatan terlebih dahulu.

Durasi proses Perawatan menurut dr Ayu bisa bervariasi tergantung jenis operasi dan Penyakit jantung yang dialami pasien. Dari Sebab Itu, ada baiknya pasien tetap mengonsultasikan kondisinya terlebih dahulu Ke Praktisi Medis.


“Perawatan itu waktunya Di 6 minggu sampai 3 bulan. Nah, sesudah Perawatan itu pasien bebas itu mau ngapain aja, mau naik tangga, Latihan, atau mau angkat besi itu diperbolehkan,” ujar dr Ayu ketika ditemui awak media Hingga Tangerang, Kamis (15/8/2024).

Khusus Sebagai Latihan angkat beban, apabila pasien masih berada Ke periode Perawatan, sebaiknya tidak mengangkat beban lebih Untuk 5 kg.

dr Ayu Didalam Detail menekankan bahwa Pada proses Perawatan, pasien bukannya tidak boleh sama sekali Aktivitasfisik. Biasanya Praktisi Medis tetap Berencana Menyediakan Langkah Latihan khusus agar tubuh dan jantung pasien tetap terlatih.

“Kalau hari ini operasi, besoknya sudah bagus, itu sudah harus dilatih Sebagai duduk dan jalan. Dia diwajibkan buat jalan sehat ya 4 ribu – 5 ribu langkah. Itu memang tahapannya harus pelan-pelan Sebagai Di Hingga olahraganya,” sambungnya.

dr Ayu mengimbau semua pasien Penyakit jantung atau yang pernah menjalani operasi jantung Sebagai menjaga Situasi tubuhnya. Mengonsumsi Terapi yang diberikan Dari Praktisi Medis dan terapkan pola makan sehat serta Latihan yang rutin merupakan beberapa hal sederhana yang harus diperhatikan.

Jika semua itu tidak dilakukan Didalam benar, bukan tidak Bisa Jadi masalah Penyakit jantung bisa muncul lagi, Justru Sesudah operasi dilakukan.

“Dari Sebab Itu kalau sudah pernah misalnya bypass jantung, itu bukan tidak Bisa Jadi suatu Pada pembuluh darah koroner itu tersumbat lagi. Itu bisa kalau tidak minum Terapi secara teratur, kalau tidak Latihan, kalau makannya masih tidak dikontrol,” tandasnya.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Pilihan Latihan yang Tepat Untuk Orang Didalam Riwayat Operasi Jantung