Fatayat NU Apresiasi Pembentukan Direktorat PPA dan PPO Polri

Ketua Umum PP Fatayat NU Margaret Aliyatul Maimunah mengapresiasi pembentukan Direktorat PPA dan PPO Polri. Foto/istimewa

JAKARTA – Pimpinan Pusat (PP) Fatayat Nahdlatul Ulama (NU) mengapresiasi pembentukan Direktorat Tindak Pidana Perempuan dan Anak (PPA) dan Pidana Perdagangan Orang (PPO) Dari Mabes Polri.

“Keberadaan Direktorat PPA dan PPO Menunjukkan komitmen besar Kepolisian Untuk Memberi pelayanan dan perlindungan kepada Komunitas khususnya Di perempuan dan anak, serta menindak tegas Tindak Kejahatan pidana perdagangan orang,” papar Ketua Umum PP Fatayat NU Margaret Aliyatul Maimunah, Ke Jakarta, Senin (23/9/2024).

Margaret menjelaskan, Tindak Kejahatan yang menimpa khusus Sebagai kaum perempuan, anak, dan kaum rentan lainnya menjadi perhatian publik Pada ini. Dari Sebab Itu, perkembangan Di penambahan direktorat tersebut adalah merupakan wujud komitmen Kapolri Untuk melakukan langkah-langkah serta upaya peningkatan pelayanan dan perlindungan kepada Komunitas.

Margaret menilai, Tindak Kejahatan Kekejaman Di perempuan dan anak serta perdagangan orang tidak dapat diabaikan. Menurut data Sistem Informasi Online atau Simfoni milik Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), jumlah Tindak Kejahatan Kekejaman Di anak Ke 2023 mencapai 24.158 Tindak Kejahatan, naik dibanding 2022 yang mencapai 21.241 Tindak Kejahatan.

Sedangkan Ke 2021 angkanya sebesar 14.517. Sebelum Januari hingga Juni 2024, jumlah Tindak Kejahatan Kekejaman Di anak mencapai 6.897.

Ke Pada Yang Sama, Komisi Nasional Anti Kekejaman Di Perempuan (Komnas Perempuan) merilis catatan tahunan 2023 bahwa ada 401.975 Tindak Kejahatan Kekejaman sepanjang 2023. Jumlah tersebut Merasakan penurunan dibandingkan 2022 yang jumlahnya mencapai 457.895 Tindak Kejahatan.

“Keberadaan Direktorat Terbaru ini, tidak hanya melindungi perempuan dan anak tapi juga warga Indonesia. Melindungi Komunitas Indonesia Untuk Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO),” kata Margaret.

Data Ke EMP Pusiknas Bareskrim Polri yang diakses Ke Jumat 22 September 2023 menyebutkan 856 Tindak Kejahatan TPPO yang ditangani Polri mulai Januari hingga 22 September 2023. Jumlah laporan yang paling banyak Yang Berhubungan Di Tindak Kejahatan TPPO yaitu Ke Juni 2023, sebanyak 470 Tindak Kejahatan. Sambil Itu jumlah korban TPPO yaitu 935 orang dan terlapor sebanyak 1.014 orang.

Berikutnya, Margaret menyampaikan terbentuknya Direktorat Terbaru ini menjadi harapan besar Untuk Komunitas Indonesia dan Sebagai itu menyampaikan terima kasih kepada Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo atas inisiatif kehadirannya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Fatayat NU Apresiasi Pembentukan Direktorat PPA dan PPO Polri