Perbandingan Respons NU dan Muhammadiyah Yang Berhubungan Bersama Izin Kelola Tambang Bagi Ormas Keagamaan

Ri Jokowi menerbitkan aturan izin kelola tambang Bagi ormas keagamaan, termasuk NU dan Muhammadiyah. FOTO/DOK.SINDOnews

JAKARTA – Izin kelola tambang Bagi organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan merupakan salah satu Keputusan Terbaru yang dikeluarkan Ri Joko Widodo (Jokowi). Keputusan ini lantas Memperoleh respons berbeda Di dua organisasi Islam terbesar Ke Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah .

Keputusan Yang Berhubungan Bersama izin kelola tambang Sebagai ormas keagamaan ini termuat Di Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2024 tentang Perubahan atas PP Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Di PP tersebut ada pasal yang menyebutkan jika ormas keagamaan Memperoleh izin mengelola tambang Di rangka Memperbaiki Kesejaganan rakyat.

Keputusan ini Menyambut respons positif Dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Wakil Ketua Umum MUI Anwar Abbas menilai pemberian izin kelola tambang Sebagai ormas keagamaan merupakan hal positif. Tetapi bagaimana respons dua organisasi keagamaan terbesar Ke Indonesia Pada ini yakni NU dan Muhammadiyah?

Respons NU dan Muhammadiyah Yang Berhubungan Bersama Izin Kelola Tambang

1. NU

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Yahya Cholil Staquf atau yang akrab disapa Gus Yahya, menyebutkan izi kelola tambang Bagi ormas keagamaan ini merupakan langkah berani yang diambil Dari Ri Jokowi.

Menurutnya, Keputusan ini dapat memperluas akses manfaat sumber daya alam (SDA) yang ada Ke Indonesia. Gus Yahya juga menyebutkan jika mereka telah siap Bersama sumber-sumber daya manusia yang mumpuni, Alat organisasi yang lengkap, dan jaringan Usaha yang cukup kuat Sebagai melaksanakan tugas dan tanggung jawab tersebut.

PBNU juga mengungkapkan rasa terima kasihnya Pada Ri Joko Widodo yang sudah Menyediakan konsesi dan izin usaha pertambangan kepada ormas-ormas keagamaan.

2. Muhammadiyah

Ke Pada Yang Sama Muhammadiyah menyebutkan jika mereka belum Menyoroti soal izin kelola tambang. Hal ini diungkapkan Dari Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu’ti.

Menurutnya, jika ada penawaran resmi pemerintah kepada Muhammadiyah, maka Akansegera dibahas Bersama saksama. Sebab, Muhammadiyah Akansegera terlebih dahulu mengukur kemampuan SDM Ke ormasnya.

Muhammadiyah tidak ingin menciptakan masalah ketika menjalankan aturan tersebut. Supaya mereka memilih Sebagai tidak tergesa-gesa Merespons aturan Terbaru tersebut.

Meski begitu, Abdul Mu’ti mengatakan, pemberian izin kelola tambang Di ormas keagamaan merupakan wewenang pemerintah. “Kemungkinan ormas keagamaan mengelola tambang tidak otomatis Sebab harus memenuhi persyaratan,” ujarnya.

Terlepas Di respons dua ormas keagamaan terbesar Ke Indonesia tersebut, Koordinator Jaringan Advokasi Tambang (JATAM) Melky Nahar menilai pemberian izin ormas keagamaan mengelola tambang bakal memperburuk kerusakan lingkungan dan mempercepat alih fungsi lahan.

(abd)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Perbandingan Respons NU dan Muhammadiyah Yang Berhubungan Bersama Izin Kelola Tambang Bagi Ormas Keagamaan