World Cyber Games 2024 Digelar Di Indonesia, Siap Dongkrak Industri Gim Nasional

Foto: Doc. Istimewa

JAKARTA – Perkembangan industri gaming atau gim Di Indonesia begitu pesat. Hal ini Malahan Menyambut Dukungan Di pemerintah Melewati Peraturan Ri (Perpres) No.19 yang salah satu isinya Yang Terkait Di mempercepat perkembangan industri gim nasional.

Di mana Pilar Hingga-7 Peraturan Ri Nomor 19 Tahun 2024 menekankan pentingnya peningkatan aktivasi dan apresiasi Di produsen gim nasional Melewati penyelenggaraan kegiatan berskala nasional, regional, dan Internasional. Berkaitan Di itu, inisiasi industri konten Mengadakan Inisiatif Forum Usaha Ekonomi Kreatif yang mempertemukan berbagai stakeholder industri konten seperti komik, gim, Sinema / animasi Di berbagai Bangsa Di kreator lokal Di Jakarta.

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Penanaman Modal Di Negeri (Kemenko Marves RI) Menginformasikan, potensi pasar gim online Di Tanah Air tak sebesar pasar Internasional. Sebagai gim Di pasar Internasional saja, potensi cuannya terus Meresahkan hingga ratusan miliar Dollar AS.

Pelaksana Tuga (Plt) Asisten Deputi Pembuatan Ekonomi Kreatif Di Kemenko Marves RI Liz Zeny Merry mengatakan, Di tahun 2022 lalu, potensi duit Di gim pasar Internasional mencapai 249,55 miliar Dollar AS. Di tahun 2023 perputaran duitnya kembali naik menjadi 281,77 miliar Dollar AS.

“Itu berapa ribu triliun (Uang Negara Indonesia), itu (pasar) Internasional. Nah Sebagai yang mobile, gim-gim yang didominasi Di platform mobile ini 136 miliar Dollar AS Di 2022, ini Disekitar hampir setengahnya Di 250 miliar Dollar AS, duit 136 miliar ini berputar Di mobile gim,” kata Liz Di jumpa pers pembukaan Perayaan Seni World Cyber Games (WCG) 2024 Di Jakarta Pusat Di Selasa (4/6/2024).

Liz mengatakan, potensi duit Di perputaran gim Di Tanah Air Di tahun ini diprediksi hanya 2,5 miliar Dollar AS atau Disekitar Rp 39 triliun. Angka ini tak sebanding Di posisi Indonesia yang berada Di tiga besar sebagai pengunduh gim yang ada. “Kalau Indonesia sendiri seperti yang tadi saya bilang itu, 2,5 miliar Dollar AS dan Indonesia ini Posisi ketiga pengunduh terbesar Di dunia, ada 3 miliaran yang mengunduh gim,” ujar Liz.

Menurut dia, tingginya angka pengunduh gim Di Indonesia sebetulnya membuktikan bahwa mereka tertarik Di gim yang ada Di Alat mobile maupun konsol. Kemenko Marves Lalu Mendorong Komunitas Sebagai menciptakan gim sendiri, Agar bisa bersaing Di pasar Internasional.

“Potensi-potensi yang bernilai ekonomi Sebagai Indonesia sendiri, bisa kami switch Sebagai Mendorong kreatif anak-anak muda Sebagai bisa menjadi pencipta Di gim sendiri,” katanya.

Di kesempatan itu, Liz Menginformasikan, ada tujuh tantangan yang dihadapi Sebagai Menyusun ekosistem gim secara mandiri. Pertama Pembuatan sumber daya manusia (SDM); kedua pembukaan akses pembiayaan; ketiga promosi dan akses pasar. Keempat penyediaan infrastruktur Ilmu Pengetahuan yang memadai dan Bersaing; lalu kelima penyusunan regulasi Sebagai penguatan ekosistem gim nasional dan keenam pembangunan industri Alat keras Sebagai gim nasional; dan ketujuh aktivasi gim nasional Di kawasan regional dan Internasional.

Atas dasar itulah, Liz mendukung Indonesia menjadi market gim terbesar Di Asia Tenggara, sekaligus menjadi tuan Tempattinggal WCG 2024. Perayaan Seni multigim terbesar Di dunia ini, telah ada Dari tahun 2001 lalu Di melibatkan 111 Bangsa, 76 gim dan 1,5 juta Olahragawan Di seluruh dunia.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: World Cyber Games 2024 Digelar Di Indonesia, Siap Dongkrak Industri Gim Nasional