Waspada! Google Chrome Palsu Curi Data Pemakai

Google Chrome palsu disinyalir dijadikan alat Sebagai mencuri data Pemakai. (Foto: Essanews)

JAKARTA – Beredar kabar Ke dunia maya terdapat Google Chrome palsu curi data Pemakai. Diduga data tersebut tersimpan Ke server Rusia.

Kabar tadi viral Setelahnya para ahli Bersama AG Data mendeteksi Alat Lunak Android palsu yang menyamar sebagai browser Google Chrome. Pengamatan mereka Menunjukkan bahwa Inisiatif tersebut digunakan Sebagai mencuri data yang berakhir Ke server Ke Rusia.

Dilansir Bersama Essanews, Kamis (6/6/2024), dugaan tadi muncul Setelahnya seorang Pemakai Smart Phone Android mengunduh Alat Lunak Google Chrome Bersama sumber yang tidak resmi. Sekilas terlihat tidak ada masalah, Akan Tetapi para ahli meyakini bahwa ini bisa berbahaya.

Pakar Keselamatan siber Bersama AG Data membuktikan bahwa Alat Lunak tersebut terlihat persis Bersama browser Google Chrome asli. Akan Tetapi, Setelahnya dilakukan analisis menyeluruh, terungkap bahwa hal tersebut mengandung kode berbahaya.

Faktanya Setelahnya proses instalasi Alat Lunak secara otomatis mengumpulkan data penting seperti kata sandi, data login, dan riwayat penelusuran Malahan Alat Lunak tersebut Memiliki akses Di mikrofon dan Perekamgambar Supaya memicu potensi kejahatan yang mengetahui kehidupan Pemakai sehari-hari.

Analis menentukan bahwa data yang dikumpulkan dikirim Ke server Ke Rusia. Para ahli telah menginformasikan temuan ini Ke pihak Google. Mereka juga memastikan bahwa langkah-langkah telah diambil Sebagai menghapus Alat Lunak palsu tersebut. Di Itu, langkah-langkah Keselamatan ekstra telah diterapkan Ke Google Play Store resmi Sebagai mencegah Tindak Kejahatan serupa Ke masa mendatang.

Google menyarankan agar Pemakai mengunduh Alat Lunak hanya Bersama sumber terpercaya. Di Itu, disarankan Sebagai memeriksa izin yang diminta Bersama Inisiatif dan menggunakan antivirus.

Para ahli menganjurkan Sebagai memperbarui Platform dan Alat Lunak secara berkala yang biasanya menambah sistem Keselamatan, berhati-hatilah Lantaran siapapun bisa menjadi sasaran peretas kapan saja.

MG/Maulana Kusumadewa Iskandar

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Waspada! Google Chrome Palsu Curi Data Pemakai