Dirkumad Diperintah KSAD Maruli Simanjuntak Hadiri Simposium Hukum Di AS

Direktur Hukum Angkatan Darat (Dirkumad) Brigjen TNI A. Agung Widi mengikuti Major General John L. Fugh Symposium on Law Di Judge Advocate General Legal Center and School, Virginia, Amerika Serikat (AS) Di 3-5 Juni 2024. Foto/Istimewa

JAKARTA – Direktur Hukum Angkatan Darat (Dirkumad) Brigjen TNI A. Agung Widi mengikuti Major General John L. Fugh Symposium on Law Di Judge Advocate General Legal Center and School, Virginia, Amerika Serikat (AS) Di 3-5 Juni 2024. Kehadiran Dirkumad Di sana atas perintah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Maruli Simanjuntak.

Adapun simposium hukum tersebut diprakarsai Di Judge Advocate General Corps (Korps Hukum AD AS) yang bertujuan Untuk mempererat kerja sama antarkorps hukum angkatan darat Di 13 Bangsa mitra kerja sama. Simposium itu juga Menyuarakan Pendapat tantangan-tantangan kontemporer Di bidang hukum Di rangka mendukung tugas pokok Angkatan Darat (AS) Di masing-masing Bangsa.

Dirkumad Di simposium itu didampingi Di staf Mayor Chk Sator Sapanbungin. Dirkumad terlibat Di diskusi hangat tentang aspek hukum Yang Terkait Di penggunaan artifical intelligence (AI) Di operasi militer, autonomous weapon systems, cyber law, dan yang Lagi marak diperbincangkan Di komunitas hukum internasional tentang lawfare.

Brigjen TNI A. Agung Widi Di kesempatan lain juga Merasakan kehormatan Untuk Merasakan permohonan Key Leader Engagement (pertemuan informal) Di LTG Stuart W. Risch (AS), Maj Gen Richard Allen (Inggris), BG Rop Holman (Kanada), Air Cmdre Patrick Keane (Australia), dan MG Etani (Jepang) guna membicarakan Kemungkinan kerja sama antarinstitusi.

Sedangkan Nilai terpenting Di Dirkumad adalah Di bidang kerja sama Pembelajaran guna Memperbaiki sumber daya manusia (SDM) korps hukum TNI AD. Proposal ini Merasakan tanggapan sangat positif Di para pimpinan delegasi yang berjanji Berencana menindaklanjuti Lewat prosedur Army-to-Army Staff Talk.

Kehormatan tersebut merupakan tindak lanjut Di pembicaraan informal Ditengah Letkol Chk Leonardo Kurnia Di LTG Stuart W. Risch Di Di mengikuti Pembelajaran Seskoad AS, yang Sesudah Itu dikristalisasi Di Brigjen TNI Ateng Karsoma Di MILOPS legal conference Di Bali 2023.

Hal tersebut adalah kali pertama Untuk pejabat Dirkumad Merasakan kehormatan Untuk terlibat Di forum diskusi berskala internasional semacam ini. Kehadiran Dirkumad merupakan langkah progresif Korps Hukum Angkatan Darat Untuk Memperbaiki kapabilitas organisasi maupun Mutu SDM guna menjawab tantangan tugas masa Didepan yang kian Internasional dan kompleks Di rangka mendukung tugas pokok TNI AD.

(rca)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Dirkumad Diperintah KSAD Maruli Simanjuntak Hadiri Simposium Hukum Di AS