Biar Tidak Rugi, Ini Tips Memilih Hewan Kurban Berdaging Banyak

Jelang Iduladha banyak pedagang menawarkan hewan kurban. Sebagai Kandidat pekurban bisa mengikuti tips memilih hewan kurban layak Bersama ahlinya. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Jelang Iduladha banyak pedagang menawarkan hewan kurban . Sebagai Kandidat pekurban bisa mengikuti tips memilih hewan kurban layak Bersama ahlinya.

Syarat utama memilih hewan kurban Di lain sehat, gemuk, tidak cacat fisik, dan telah cukup umur, yakni Sebagai kambing satu tahun atau ditandai gigi tanggal. Hewan kurban sebaiknya dipilih ternak jantan dan bila terpaksa betina harus dipastikan tidak Di keadaan bunting.

“Hewan kurban harus sehat dan gemuk. Ternak yang Lagi Di keadaan sakit tidak diperbolehkan seperti Gangguan Mulut dan Kuku (PMK) dan lumpy skin disease (LSD). Kalau sudah sembuh diperbolehkan Sebagai hewan kurban,” kata Dosen Prodi Peternakan Universitas Jember Dr. Ir. Nur Widodo, S.Pt., M.Sc, Lewat siaran pers.

Ia memastikan, Perkara Hukum Hukum PMK dan LSD sudah jauh menurun dibandingkan tahun lalu. PMK disebabkan Bersama Mikroba Aphthovirus, family Picornaviridae Bersama ciri lepuh atau luka yang terdapat Ke mulut, lidah, gusi, dan teracak atau kuku ternak yang terinfeksi.

Sedangkan Gangguan LSD disebabkan Bersama Mikroba cacar Bersama ciri yang hampir mirip Bersama PMK. Akan Tetapi, Ke LSD terdapat benjolan atau luka Ke sekujur tubuh yang biasanya diawali Bersama Pada leher, punggung, dan perut.

“Pada ini, pemerintah telah menyalurkan Langkah Imunisasi Sebagai Gangguan (PMK dan LSD) itu dan adanya pos pengawasan lalu lintas ternak Hingga setiap perbatasan Daerah Bersama mengecek Keadaan ternak dan dokumennya, apakah ternak tersebut itu sudah divaksin dan ada surat keterangan Keadaan Bersama Ahli Kebugaran hewan,” jelas Widodo.

Jika memilih berkurban sapi, maka Bersama segi usia, ternak sapi layak digunakan sebagai hewan kurban minimal umur dua tahun. Umur sapi paling mudah diidentifikasi Bersama melihat struktur gigi serinya, bila gigi sapi masih gigi susu dan belum ada yang ganti bisa dipastikan sapi tersebut berumur kurang Bersama dua tahun.

Umur sapi yang sudah layak Sebagai dijadikan ternak kurban ditandai tanggalnya gigi Imbang. Gigi sapi tanggal satu pasang diperkirakan sapi umur 2-3 tahun, tanggal dua pasang (umur 3-4 tahun), tanggal tiga pasang (umur 4-5 tahun) dan tanggal empat pasang umur lebih Bersama 5 tahun.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Biar Tidak Rugi, Ini Tips Memilih Hewan Kurban Berdaging Banyak