Muhammadiyah Beberkan Alasan Belum Tentukan Sikap atas Jatah Kelola Tambang

Dialog Polemik Trijaya bertajuk Ormas Agama Urus Tambang, Buat Apa?, Sabtu (8/6/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR

JAKARTA – Wakil Ketua Majelis Ekonomi Muhammadiyah , Mukhaer Pakkanna Mengungkapkan hingga Pada ini pihaknya belum menentukan sikap, apakah Berencana Memperoleh atau menolak jatah izin tambang Untuk pemerintah. Izin tambang Untuk ormas keagamaan telah diatur Untuk Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 25 Tahun 2024 tentang perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 96 Tahun 2021 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara.

Mukhaer mengatakan, perwakilan pemerintah belum mendatangi PP Muhammadiyah dan membicarakan soal izin tambang yang diberikan tersebut.

“Sampai sekarang pihak pemerintah belum datang silahturahmi Ke PP Muhammadiyah, Agar smapai sekarang kita juga belum memutuskan iya atau tidak,” kata Mukhaer Untuk dialog Polemik Trijaya bertajuk ‘Ormas Agama Urus Tambang, Buat Apa?’, Sabtu (8/6/2024).

Ia Membeberkan alasan Di balik sikap Muhammadiyah tersebut, Lantaran pihaknya ingin mengkaji terlebih dahulu mengenai pengelolaan tambang. Pertama, kata Mukhaer, pengelolaan tambang merupakan Usaha Terbaru Untuk Muhammadiyah, berbeda Didalam dunia Pembelajaran dan Kesejaganan yang memang sudah digeluti ormas keagamaan itu.

“Yang jelas Di sisi yang kontra Di PP Muhammadiyah seperti yang muncul Di publik ini kan sebuah Usaha yang menurut Muhammadiyah masih Terbaru secara institusi yah. Walaupun kita Memperoleh Usaha atau kegiatan amal usaha, tapi ini masih Asing Untuk kita,” ucapnya.

Kedua, Mukhaer menegaskan, pihaknya juga perlu mengkaji bagaimana pengelolaan tambang Ke Didepan. Terlebih, Usaha tersebut penuh Didalam mafia dan merusak lingkungan.

“Sesudah Itu yang kedua Untuk sisi kontranya Di PP Muhamadiyah adalah ini kan penuh Didalam mafia, penuh Didalam oligarki Justru Untuk hulu Ke hilir, Justru Di tingkat pasarnya, pasar juga yang menentukan adalah oligarki,” katanya.

“Justru Untuk sisi lingkungan hidup, Ketahanan pembangunan, eksploitasi Di beberapa Lokasi sumber tambang, Babel, Kaltim atau beberapa Lokasi lain, kalau kita Untuk pesawat itu bopengnya luar biasa,” sambungnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Muhammadiyah Beberkan Alasan Belum Tentukan Sikap atas Jatah Kelola Tambang