BNPB Laporkan 21 Kejadian Bencana Menyapu Sepekan, Bencana Alam Mendominasi

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 21 kejadian bencana Menyapu Area Indonesia Pada sepekan terakhir per 10 hingga 20 Juni 2024. Foto/BNPB

JAKARTA – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 21 kejadian bencana Menyapu Area Indonesia Pada sepekan terakhir per 10 hingga 20 Juni 2024. Kejadian Bencana Alam masih mendominasi, Kendati sebagian Area telah masuk musim kemarau.

“Sepekan kemarin Sebagai data yang kita tanggal 10 Juni pukul 9. Bersama Sebab Itu per hari ini ya, Senin Hingga Senin itu ada 21 kali kejadian bencana dan masih dominan Bencana Alam ya,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari Untuk Disaster Briefing dikutip, Selasa (11/6/2024).

Aam sapaan Abdul Muhari mengatakan jika dilihat Tren kejadian bencana Untuk sepekan bahwa ada dua bencana tanah longsor yang signifikan merenggut korban jiwa yakni longsor Hingga Lumajang Jawa Timur dan Ende, Timor-Timor, NTT.

“Kalau kita lihat Bersama trend-nya satu minggu Hingga Di sebenarnya agak berkurang Hingga sisi frekuensi tetapi Bersama sisi intensitas dan dampak ada dua kejadian tanah longsor yang dua-duanya merenggut korban jiwa satu Hingga Lumajang dan satu lagi Hingga Ende, Timor Timur,” jelas Aam.

“Bersama Sebab Itu sekali lagi kalau Bersama datanya BNPB, tanah longsor Hingga tahun 2024 ini sangat-sangat signifikan Untuk konteks korban jiwa. Bersama Sebab Itu ini yang benar-benar harus kita perhatikan Situasi-Situasi hujan yang tidak terlalu lama tapi intensitas tinggi dan seterusnya,” sambungnya.

Aam menambahkan Kendati Hingga bulan Juni yang sudah harusnya sudah mulai masuk kemarau tetapi masih ada kejadian Bencana Alam. “Tetapi Di kenyataannya Bersama sisi hilirnya, Kendati Mungkin Saja Bersama sisi hulunya BMKG itu sudah menyampaikan sebagian besar Area Indonesia itu sudah kemarau. Tapi Bersama sisi hilirnya Bersama sisi kejadian bencananya kita masih melihat bahwa satu minggu terakhir itu justru Bencana Alam masih mendominasi ya.”

“Dan sekali lagi 21 kejadian bencana Hingga sini sebenarnya ini adalah bencana Bersama dampak cukup signifikan. Kita tidak memasukkan kejadian-kejadian Bencana Alam yang sebenarnya Mungkin Saja menggenangi 20 KK, tapi masih dominan sebenarnya, Bencana Alam ini masih cukup dominan,” pungkasnya.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: BNPB Laporkan 21 Kejadian Bencana Menyapu Sepekan, Bencana Alam Mendominasi