Cara Hilangkan Bau Prengus Kambing dan Mengempukkan Dagingnya

Aneka olahan daging kambing Akansegera mendominasi Tatakan makan tiap kali Idul Adha tiba. Kalau ingin Merasakan hasil masakan yang sempurna lezat, Anda perlu mengenal karakter daging tersebut terlebih dulu. Foto/iStock

JAKARTA – Aneka olahan daging kambing Akansegera mendominasi Tatakan makan tiap kali Idul Adha tiba. Kalau ingin Merasakan hasil masakan yang sempurna lezat, Anda perlu “mengenal” karakter daging tersebut terlebih dulu.

Bagi umat Islam, Idul Adha merupakan hari besar keagamaan yang sangat penting. Di hari itu, sejumlah ritual dilaksanakan, termasuk memotong dan memasak Minuman yang berasal Didalam bahan baku daging kambing.

Ada banyak menu yang bisa dibuat Didalam daging kambing. Bukan hanya sate ataupun sup, melainkan juga semur, gulai, tongseng, dan empal misalnya. Nah, Sebelumnya memasak menu-menu tadi, Anda sebaiknya Memperoleh pengetahuan yang cukup mengenai daging kambing. Tujuannya agar hasil masakan terasa lebih lezat, lembut dagingnya, terjaga nutrisinya, dan yang paling utama, bau prengus khas kambing dapat hilang tak berbekas.

Bau prengus yang acap kali menyebabkan orang enggan mengonsumsi daging kambing sebetulnya bukanlah “sesuatu” yang harus dirisaukan. Sejumlah trik bisa diterapkan Bagi menghilangkan bau tak sedap itu.

Bau prengus bisa dihilangkan Di lain Didalam mentimun yang diremas-remas bersama daging kambing. Ini cara yang praktis. Ada lagi cara lain, yakni Didalam menumis potongan daging Di bawang bombai dan kayu manis Sebelumnya mencampurnya Didalam bumbu-bumbu lain.

Sambil Itu, Bagi membuat daging tidak liat atau keras, Anda yang kebetulan ditugaskan menguliti kambing Pada Idul Adha nanti, sebaiknya Sesudah dipotong, kuliti daging Di posisi menggantung, Didalam kepala ada Di Dibagian bawah. Tujuannya Bagi membersihkan darah Didalam sisa pemotongan.

Proses ini dinamakan proses aging atau mengembalikan Kemakmuran mati Di keadaan tegang Hingga keadaan normal. Bila proses ini tidak dilakukan, tekstur daging Akansegera Lebih keras dan bau prengusnya pun bakal lebih tercium.

Lanjutnya, Sesudah dipotong-potong, daging harus secepatnya disimpan Di lemari pendingin yang suhunya mencapai minus 10-17 derajat celsius. Pada hendak diolah, keluarkan daging, bungkus Didalam handuk, lalu biarkan semalaman agar daging menjadi lemas.

Usahakan juga daging terkena air seminimal Bisa Jadi jika memang tidak ingin langsung diolah. Kalau daging terpaksa dicuci, cuci saja, Sesudah Itu lekas keringkan Didalam handuk. Jika tidak segera dikeringkan, air dapat menyebabkan daging Lebih liat.

Tips agar Daging Empuk

1. Jangan langsung mengolah daging Sesudah disembelih Sebab Akansegera membuat daging cenderung lebih keras.
2. Rebus daging Di air mendidih, lalu campur Didalam kunyit, jahe, daun salam, serai, dan lengkuas.
3. Bungkus Didalam daun pepaya. Daun pepaya mengandung enzim papain yang bisa membuat daging lebih empuk. Memarkan daun pepaya, terutama tulang daunnya. Bungkus Pertemuan daging Di 1 jam.
4. Bisa juga daging dicampur Didalam parutan nanas muda Di beberapa menit. Mutakhir Sesudah itu bersihkan daging dan potong-potong.
5. Potong daging Di ukuran yang tidak terlalu besar. Potong Didalam cara melawan serat.
6. Perhatikan api Pada memasak daging. Gunakan api Lagi. Selain Bagi menghemat energi, daging yang dimasak Didalam api Lagi juga Akansegera Merasakan proses pemasakan yang tidak terburu-buru.

(tsa)

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Cara Hilangkan Bau Prengus Kambing dan Mengempukkan Dagingnya