Bisnis  

Sepanjang 2023, Pertamina Beri Kontribusi Rp426 Triliun Ke Penerimaan Negeri

PT Pertamina (Persero) berkontribusi hingga Rp425,5 triliun kepada penerimaan Negeri Ke sepanjang 2023. (Foto: dok Pertamina)

JAKARTA – PT Pertamina (Persero) berkontribusi hingga Rp425,5 triliun kepada penerimaan Negeri Ke sepanjang 2023. Kontribusi tersebut berasal Di pembayaran Ppn dan dividen. Sebagai BUMN, Pertamina berkomitmen turut menggerakan perekonomian nasional, Agar taat pembayaran Ppn menjadi salah satu hal yang dijalankan.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan, pihaknya berkontribusi Di penerimaan fiskal.

“Kontribusi kami Di penerimaan fiskal ini seiring Di Perkembangan Usaha Pertamina yang baik. Kami meyakini, komitmen Pertamina Sebagai menjalankan praktik Usaha yang bertanggung jawab, termasuk Ke kepatuhan Ke aturan perpajakan, mencerminkan kemampuan Pertamina Untuk pengelolaan keuangan yang sehat dan menjalankan tata kelola perusahaan yang baik,” ujarnya.

Kontribusi penerimaan Negeri Di Pertamina terdiri Di pembayaran Ppn sebanyak Rp224,53 triliun, yakni Ppn Penghasilan (PPh), Ppn dibayar Ke muka, Ppn pertambahan nilai (PPN) keluaran, custom atau bea masuk, dan Ppn Area.

Selain Ppn, penerimaan lain yakni Penerimaan Negeri Bukan Ppn (PNBP) sebesar Rp66,17 triliun, dividen dan signature bonus sebesar Rp14,03 triliun.

Kontribusi lain yang diberikan Pertamina adalah Untuk bentuk Migas Mentah dan Kondensat Pada Negeri (MMKBN) yang Ke 2023 mencapai Rp120,79 triliun.

Ke Di Yang Sama, selain taat Ppn, Pertamina juga berkontribusi Ke implementasi Langkah kewajiban Tingkat Komponen Untuk Negeri (TKDN). Sepanjang 2023, Pertamina Group berhasil menyerap TKDN sebesar Rp374 triliun, atau mencapai 47 persen Di total TKDN BUMN secara nasional. Komitmen Pertamina Untuk TKDN bertujuan Sebagai Mendorong bertumbuhnya industri Untuk negeri.

“Di kontribusi Pertamina kepada Negeri dan industri ini, diharapkan dapat mendukung multiplier effect yang positif Untuk Kelompok, menggerakkan industri Ke Tanah Air, dan Mendorong perekonomian nasional,” kata Fadjar.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin Ke bidang transisi energi, berkomitmen Untuk mendukung target Net Zero Emission 2060 Di terus Mendorong Langkah-Langkah yang berdampak langsung Ke capaian Sustainable Development Goals (Agenda Global). Seluruh upaya tersebut sejalan Di penerapan Environmental, Social and Governance (ESG) Ke seluruh lini Usaha dan operasi Pertamina.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Sepanjang 2023, Pertamina Beri Kontribusi Rp426 Triliun Ke Penerimaan Negeri