Bisnis  

Pemerintah Diminta Waspadai Pergerakan Kurs Mata Uang Uang Negara Indonesia

Pergerakan kurs Uang Negara Indonesia Pada Matauang Asing Amerika Serikat (AS) perlu diwaspadai pemerintah. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – Anggota Dewan Pakar DPP Partai Gerindra, Bambang Haryo Soekartono (BHS), Berkata pergerakan kurs Uang Negara Indonesia Pada Matauang Asing Amerika Serikat (AS) yang mendekati Rp17 ribu harus diwaspadai pemerintah.

“Ini harusnya sudah menjadi warning Untuk pemerintah. Sebab pergerakan ini termasuk yang tertinggi Di Asia Tenggara,” kata BHS, dikutip Rabu (19/6/2024).

Data investing.com Menunjukkan perkembangan kurs Uang Negara Indonesia Pada Matauang Asing merupakan salah satu yang terburuk dibandingkan Didalam Kurs Matauang beberapa Negeri lainnya Dari awal tahun hingga sekarang, year-to-date (YTD) per tanggal 17/6/2024. Kurs Matauang Asing Pada dong Vietnam +3,88%, ringgit Malaysia +2,68%, Matauang Asing Singapore +2,57%, baht Thailand +6,88%, sedangkan Uang Negara Indonesia +6,58%.

“Kalau kita lihat pergerakan Di tahun 2012 berbanding tahun 2024 Di exchangerates.org, Di Matauang Asing Singapura pergerakannya Di 1,25 Matauang Asing Singapura menjadi 1,325 Matauang Asing Singapura, Brunei Darussalam Di 1,24 Matauang Asing menjadi 1,35 Matauang Asing, Thailand Di 31,074 Baht menjadi 36,67 Baht atau 18 persen. Malasyia Merasakan pergerakan cukup tinggi, yaitu Di 3,08 ringgit menjadi 4,69 ringgit atau 52%. Bandingkan Didalam Indonesia yang Merasakan pergerakan Di Rp9.670 menjadi 16.466 atau 70,28%,” paparnya.

Ia mengingatkan bahwa pergerakan kurs Uang Negara Indonesia Pada Matauang Asing yang terus merangsek Di angka Rp17 ribu atau lebih buruk lagi Di Rp20 ribu Berpeluang memengaruhi Kebugaran makro dan mikro ekonomi Indonesia.

“Malaysia itu sudah Memutuskan langkah Sebagai merespon pergerakan kurs-nya, Didalam cara membuka sebesar-besarnya pintu Penanaman Modal Di industri, kepada Negeri China, Amerika maupun Eropa, Sebab Malaysia dilewati Didalam kapal-kapal Di seluruh dunia. Kalau Indonesia ini susah mau melakukan langkah yang sama Sebab Penanaman Modal dan biaya produksi Di sini itu lebih mahal dibandingkan Malaysia,” paparnya lagi.

Baca Juga: Uang Negara Indonesia Ambruk Di Rp16.374/USD, Ekonom: Perlu Penguatan Sisi Pemerintah Selain Banksentral

Menyikapi Kebugaran ini, BHS mengimbau pemerintah Sebagai bisa belajar Di Aturan ekonomi Di zaman Pemimpin Negara BJ Habibie.

“Langkah BJ Habibie Di itu yang bisa ditiru adalah Aturan fiskal Sebagai menghentikan sejumlah proyek infrastruktur dan Memangkas Justru meniadakan perjalanan Pemimpin Negara yang Lalu diikuti pejabat Di pusat hingga Area, Sebagai Sambil Itu. Tujuannya Sebagai menjaga Biaya Negeri,” ungkapnya.

BJ Habibie juga menolak usulan IMF Sebagai menaikkan Harga Solar dan harga listrik, Untuk menghindari economic multiplier effect kepada pelaku usaha industri dan terutama Dan Menengah.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pemerintah Diminta Waspadai Pergerakan Kurs Mata Uang Uang Negara Indonesia