Apa Benar Minum Minuman Kafein Bikin Kolesterol Tinggi? Ini Kata Ahli

Jakarta

Minum Minuman Kafein sering dikaitkan Didalam Gangguan tertentu. Salah satunya Memperbaiki risiko kolesterol tinggi. Tetapi, apakah benar ada kaitan minum Minuman Kafein Didalam kolesterol?

Minuman Kafein memang memberi manfaat Bagi Kesejajaran tubuh. Di sisi lain, Minuman Kafein juga dapat memberi efek buruk. Salah satunya berkaitan Didalam masalah kolesterol.

Untuk jumlah Untuk, Minuman Kafein tampaknya tidak berdampak Di kolesterol. Tetapi, jenis Minuman Kafein tertentu Bisa Jadi bisa menyebabkan bahaya Di kadar kolesterol seseorang.


Sebagai mengetahui hubungan Antara Minuman Kafein dan kolesterol Didalam Detail, simak penjelasan berikut, seperti dilansir Untuk healthcentral.com (28/05/2024).

1. Apakah minum Minuman Kafein Memperbaiki kolesterol?

Minum Minuman Kafein bisa berisiko sebabkan kolesterol jika dikonsumsi Didalam takaran berlebihan. Foto: Getty Images/Pheelings Media

Beberapa jenis Minuman Kafein, khususnya Minuman Kafein tanpa filter, seperti french press, espresso, atau Minuman Kafein Turki, mengandung zat disebut diterpen. Menurut harvard TH Chan School of Public Health, zat ini dapat Memperbaiki kadar LDL (low density-lipoprotein) atau kolesterol jahat dan trigliserida.

Zat tersebut melakukannya Didalam menghambat metabolisme kolesterol Dari tubuh. Salah satu jenis diterpen yang dikaitkan Didalam peningkatan kolesterol adalah cafestol.

Kendati demikian, konsumsi Minuman Kafein Untuk jumlah Untuk (tidak lebih Untuk 400 miligram kafein per hari) atau setara Didalam tiga sampai empat cangkir tidak berbahaya. Sebab, lebih banyak Studi yang disebut healthcentral.com menghubungkan konsumsi Minuman Kafein secara teratur Didalam manfaat baiknya Untuk penurunan risiko Gangguan jantung dan stroke.

Harmony Reynolds MD, ahli jantung Di NYU Langone Health juga Membeberkan, “Manfaat Minuman Kafein Bagi Kesejajaran tampaknya lebih besar Untuk risikonya.”

Menurut Studi yang diterbitkan Di Nature, minum Minuman Kafein Untuk jumlah Untuk juga tidak dikaitkan Didalam risiko Gangguan jantung lebih tinggi dan tekanan darah sistolik dan diastolik lebih rendah. Tetapi, jika Minuman Kafein dikonsumsi Untuk jumlah tinggi, barulah terlihat peningkatan kolesterol LDL (jahat) yang lebih tinggi juga.

Tentu tidak semua Minuman Kafein sama. Beberapa jenis Minuman Kafein tertentu Memiliki dampak lebih besar Untuk jenis Minuman Kafein lainnya.

Lantas, jenis Minuman Kafein apa saja yang berisiko menyebabkan peningkatan kolesterol?

2. Filter coffee tidak terlalu berisiko memicu kolesterol

Benarkah Warna Kertas Filter Pengaruhi Rasa Kopi? Ini PenjelasannyaFilter Minuman Kafein sebenarnya tidak terlalu berisiko Memperbaiki kolesterol. Foto: Getty Images/ArtRachen01

Minuman Kafein yang dibuat Didalam cara disaring atau filter coffee punya kandungan diterpen paling rendah. Untuk proses brewing, senyawa tersebut dihilangkan Dari Kertas saring.

“Komponennya (diterpen) Berencana hilang ketika Minuman Kafein disaring Didalam Kertas filter,” ujar Dr. Reynolds.

Supaya, jika minum banyak Minuman Kafein jenis ini, kamu tidak perlu begitu khawatir kadar kolesterol Berencana Meresahkan.

Penasaran Didalam jenis Minuman Kafein lain, apakah bisa menyebabkan kolesterol atau tidak? Baca Di halaman berikut ini!

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Apa Benar Minum Minuman Kafein Bikin Kolesterol Tinggi? Ini Kata Ahli