Berapa Kilometer Ganti Oli Kendaraan Bermotor Roda Dua Matic Honda?

Daftar Isi



Rutin mengganti oli atau pelumas tidak hanya memperpanjang umur mesin, tetapi Memperbaiki pula kinerja mesin.Oli berperan sebagai pelumas utama dan membantu menyebarkan panas Di seluruh Dibagian mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua. Dari Sebab Itu, kapan waktu yang tepat Untuk mengganti oli Kendaraan Bermotor Roda Dua?

Pergantian oli mesin Kendaraan Bermotor Roda Dua perlu dilakukan Bersama teratur Untuk mencegah kerusakan Ke mesin. Penggantian oli sebaiknya dilakukan Sebelumnya jarak tempuh mencapai 3.000 km Sebab biasanya Kendaraan Bermotor Roda Dua yang telah mencapai jarak tersebut belum mengganti oli Untuk waktu 2 bulan. Untuk Kendaraan Bermotor Roda Dua matic, umumnya penggantian oli dilakukan setiap 2.000 km.

Kendaraan Bermotor Roda Dua yang biasanya menempuh jarak Di 200 km perjalanan sebaiknya mengganti oli setiap 2 minggu sekali. Sedangkan Untuk Kendaraan Bermotor Roda Dua biasanya menempuh jarak 20-50 km per hari, penggantian oli dapat dilakukan setiap 2 bulan sekali.

Hal ini bertujuan agar Kendaraan Bermotor Roda Dua tetap prima Pada digunakan Ke Kegiatan sehari-hari.

Berikut ciri-ciri oli Kendaraan Bermotor Roda Dua harus diganti:

Suara mesin lebih kasar

Suara mesin menjadi tanda utama Untuk menentukan kapan waktu Untuk mengganti oli. Suara mesin kasar disebabkan Dari oli yang telah kehilangan kemampuannya Untuk melumasi secara efektif, Supaya mengganggu kinerja gir transmisi.

Kurangnya pelumas yang efektif dapat membuat suara mesin terdengar kasar Pada diberi gas atau Pada mengganti gigi Kendaraan Bermotor Roda Dua.

Suhu mesin terlalu tinggi

Situasi fisik oli memburuk Akansegera membuat daya hantar panasnya Lebihterus berkurang. Hal ini dapat mengakibatkan penyebaran panas yang tidak merata Ke mesin, Supaya pengemudi Akansegera merasakan panas lebih besar Bersama area mesin Di kaki pengemudi.

Volume oli mesin berkurang

Oli Untuk sepeda Kendaraan Bermotor Roda Dua berkapasitas 150cc biasanya Memiliki volume kurang Bersama 1 liter. Akan Tetapi, volume ini dapat berkurang tergantung Ke intensitas penggunaan mesin.

Jika volume oli terlihat menurun Ke bawah batas yang ditentukan, segera periksa apakah ada kebocoran oli dan pastikan Untuk segera mengganti oli mesin.

Oli berwarna hitam pekat dan encer

Umumnya, oli mesin Terbaru Memiliki warna cokelat atau biru Bersama konsistensi yang pekat, tetapi tidak berwarna hitam. Perubahan warna Ke oli mesin terjadi Pada terpapar panas dan kerak akibat pembakaran.

[Gambas:Video CNN]




Artikel ini disadur –> Cnnindonesia News: Berapa Kilometer Ganti Oli Kendaraan Bermotor Roda Dua Matic Honda?