Wisata  

Berat 1.350 Kg, Tinggi 14 M



Jakarta

Kiswah Mutakhir dipasang Di Minggu (7/7/2024) Di Kakbah, Makkah, bertepatan Bersama momen hari pertama Tahun Mutakhir Islam. Butuh 200 orang Sebagai memasangnya.

Dilansir Bersama Arab News, Selasa (9/7/2024) pemasangan kiswah itu dilakukan Dari Regu Bersama Kompleks Raja Abdulaziz. Pekerja pegganti kiswah itu terdiri Bersama 159 perajin dan sisanya adalah teknisi dan insinyur.

Saudi Press Agency memaparkan langkah pertama yang dilakukan adalah memindahkan potongan kiswah Ka’bah lama yang bersulam emas. Lalu, kiswah Mutakhir dibawa Ke Masjidil Haram.

Proses pembuatan kiswah

Kiswah tersebut berisi 53 buah sulaman emas yang terdiri Bersama 16 buah Sebagai area ikat pinggang, tujuh buah Sebagai Dibagian bawah ikat pinggang, empat buah sudut, 17 buah lampion, lima buah Sebagai tirai pintu, satu buah Sebagai Al-Rukn Al-Yamani, dan dua buah Sebagai garis Hajar Aswad, beserta talangnya.

Traveler harus tahu, butuh 159 perajin terampil yang bekerja memproduksi 56 potong sulaman emas Sebagai kiswah. Sebagai menyelesaikan satu karya sulaman emas, pengerjaannya dilakukan Bersama tangan dan membutuhkan waktu Di 60 hingga 120 hari.


Sebagai menciptakan kiswah itu dibutuhkan 120 kilogram emas, 100 kilogram perak, dan 1.000 kilogram sutera. Sebagai satu kesatuan, kiswah tersebut Memperoleh berat 1.350 kilogram dan tinggi 14 meter, serta terdiri Bersama empat sisi terpisah dan tirai pintu.

Dibagian luar penutupnya dihiasi Bersama tulisan yang ditenun Bersama benang hitam.

Pemasangan kiswah

Sebagai memasang kiswah, keempat sisinya harus diangkat secara terpisah Ke atas Ka’bah agar prosesnya dapat selesai.

“Setelahnya semua sisinya diperbaiki, sudut-sudutnya dijahit Bersama atas penutup hingga Ke bawah. Setelahnya selesai, tirai dipasang, yang membutuhkan waktu dan Kemahiran Untuk memasangnya. Dibuat bukaan Bersama kain berwarna hitam seukuran tirai, yaitu lebar kurang lebih 3,33 meter sampai ujung penutup dan panjang 6,35 meter. Lalu dibuat tiga bukaan Di kain hitam Sebagai memasang tirai Bersama bawah kain. Terakhir, Dibagian tepinya diperbaiki Bersama menjahitnya Ke kain hitam Di penutupnya,” penjelasan Saudi Press Agency.

Disekitar tiga minggu Sebelumnya haji, tepatnya tanggal 22 Mei, Dibagian bawah kiswah dinaikkan. Prosedur itu diulangi setiap tahun Sebagai melindungi kiswah agar tidak kotor dan rusak Di jamaah mengelilingi Ka’bah.

Sebelumnya Itu, kiswah diganti bertepatan Bersama musim hai, tanggal 9 Dzulhijjah Setelahnya jamaah berangkat Ke Gunung Arafah. Tetapi, tahun lalu Kepala Negara Umum Dua Masjid Suci Arab Saudi Mengeluarkan perubahan Kebiasaan Supaya Kegiatan tahunan tersebut Berencana diadakan Di malam 1 Muharram, hari pertama Untuk kalender Hijriah.

Sheikh Abdulrahman Al-Sudais, Kepala Negara urusan agama Dua Masjid Suci, mengatakan perubahan itu dilakukan berdasarkan keputusan kerajaan.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Berat 1.350 Kg, Tinggi 14 M