Wisata  

Legenda Si Pitung, Sang Jawara Betawi



Jakarta

Siapa yang tak kenal Bersama Si Pitung? Jawara legend asal Betawi. Legenda pahlawan rakyat ini bisa dikulik Ke Rumah Si Pitung yang berada Ke kawasan Marunda.

Konon, Si Pitung disebut sebagai jawara asal Jakarta yang banyak membela Kelompok dan berani menentang Belanda. Ke Di Itu, jejak peninggalan Pitung juga bisa ditelusuri Ke Rumah Si Pitung yang berada Ke Jakarta Utara.

Objek wisata ini kerap dikunjungi Bersama para pelajar hingga mahasiswa yang ingin melihat bangunan Rumah panggung tersebut. Bersama sejarah yang melekat Ke bangunan ini, Karena Itu daya tarik tersendiri Untuk Kelompok yang berkunjung Hingga Rumah Si Pitung.


Fakta-fakta Rumah Si Pitung:

1. Bukan Rumah Si Pitung Asli

Kendati namanya Rumah Si Pitung tetapi bangunan ini bukan Rumah yang ditinggali Bersama si Pitung, bangunan Rumah tersebut dulunya Rumah milik Haji Marsani. Menurut salah satu guide Ke sana, Tama, dulu si Pitung sempat singgah Ke Rumah ini Sebagai menghindar Untuk kejaran Belanda.

“Banyak yang salah kaprah tentang Rumah ini juga banyak yang nyangka ini Rumah si Pitung, padahal Rumah ini tuh Pitung datang Hingga sini cuma Sebagai singgah doang. Ini tuh tempat pelariannya si Pitung, tempat singgahnya si Pitung Berlarilah Untuk kejaran Belanda,” katanya Pada ditemui detikTravel, Jumat (5/7/2024).

2. Siapakah Sebenarnya si Pitung

Ternyata legenda si Pitung ini Memiliki beberapa versi, ada yang menyebut Pitung merupakan nama atau julukan Untuk seseorang. Tapi ada juga yang menyebut bahwa si Pitung ini merupakan nama sebuah kelompok.

Nah jika penasaran Bersama versi-versi cerita si Pitung ini bisa langsung datang Hingga Rumah Si Pitung dan minta Sebagai dijelaskan Bersama guide Ke sana tentang cerita-cerita legenda si Pitung ini.

Rumah Si Pitung Ke Marunda, Jakarta Utara Foto: Pradita Utama/detikcom

3. Rumah Si Pitung Bukan Rumah Adat Betawi

Lantaran si Pitung merupakan legenda asal Betawi dan nama objek wisata ini Rumah Si Pitung, bukan berarti Rumah tersebut bergaya arsitektur Rumah khas orang Betawi. Seperti fakta yang disinggung Sebelumnya Itu, ini merupakan bangunan berupa Rumah panggung.

Menurut Tama, Rumah tersebut bukan Rumah adat Untuk Betawi, melainkan Rumah khas orang-orang Kalimantan. Dulunya Haji Marsani tinggal tepat Ke mana Rumah Si Pitung ini berdiri sekarang dan beliau telah tinggal lama Ke kawasan Marunda ini.

“Kalau kita lihat Untuk segi bentuk rumahnya juga kan ini bukan Rumah Betawi, inikan Rumah-Rumah panggung. Rumah-Rumah asli orang-orang yang ada Ke pinggir laut kan, Rumah-Rumah orang pesisir gitu,” ujarnya.

4. Sering Terkena Bencana Alam, Rumah Si Pitung Ditinggikan

Berada Ke Area yang kerap langganan Bencana Alam, Rumah Si Pitung pun beberapa kali Merasakan peninggilan Sebagai dasar rumahnya. Bukan tinggi tiang panggungnya yang Lebih tinggi, Tetapi ada penambahan beton Ke bawah Rumah tersebut agar tidak dimakan Bersama Bencana Alam.

5. Ali Sadikin Pelopor Rumah Si Pitung

Kala itu, Tama menceritakan asal mula bangunan ini dijadikan cagar Kearifan Lokal Global dan diberi nama Rumah Si Pitung. Pada Ali Sadikin menjabat sebagai Gubernur Jakarta, Rumah Haji Marsani yang telah dibangun Sebelum 1890-an itu dijadikan cagar Kearifan Lokal Global dan dinamakan Rumah Si Pitung Lantaran cerita pernah menjadi tempat aman Untuk si Pitung,

“Karena Itu ketika Ke tahun 70 itu waktu gubernurnya Bapak Ali Sadikin lagi nyari bangunan-bangunan tua Sebagai dijadikan cagar Kearifan Lokal Global, ketemulah Rumah ini. Ketika Untuk pihak pemprov itu survey dan kebetulan Untuk segi bentuk bangunannya ini memenuhi syarat Sebagai Karena Itu cagar Kearifan Lokal Global dan kebetulan juga pernah punya cerita sempat disinggahi si Pitung, yaudah lah Rumah ini dibeli sama pemerintah dan dikasih nama Rumah Si Pitung itu Sebagai daya tarik pengunjung,” kata Tama.

Bersama semua cerita yang berkembang tentang si Pitung ini menjadikan Rumah Si Pitung ini begitu spesial, bukan hanya Sebagai warga Jakarta saja, tapi juga Indonesia secara luas.

Lantaran sejarah yang masih tak satu suara ini Menyediakan perspektif yang berbeda dan membuat rasa penasaran Sebagai langsung berkunjung Hingga Rumah Si Pitung Ke kawasan Marunda.

Artikel ini disadur –> Detik.com Indonesia Berita News: Legenda Si Pitung, Sang Jawara Betawi