Letnan Jenderal TNI Berasal Bersama Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad

Sejumlah perwira tinggi berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI yang berasal Bersama Kopassus Di ini menduduki beberapa posisi penting baik Ke Untuk maupun Ke luar institusi militer. Foto/SINDOnews

JAKARTA – Sejumlah perwira tinggi berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI yang berasal Bersama Kopassus Di ini menduduki beberapa posisi penting baik Ke Untuk maupun Ke luar institusi militer.

Mereka merupakan sosok pemimpin yang tidak hanya berprestasi Untuk karier militernya tapi juga kenyang Bersama Penghayatan tempur Di masih mengabdi sebagai prajurit Korps Baret Merah.

Berdasarkan data yang dihimpun Ke Rabu (10/7/2024), tercatat ada 9 Letjen TNI yang berasal Bersama Kopassus sebagai pasukan elite TNI AD tersebut. Mereka ada yang menjabat sebagai Staf Khusus KSAD, Wakil Kepala Badan Intel Bangsa (BIN) hingga Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Ada juga yang menjabat sebagai Wakil Gubernur Lemhannas, Danjen Akademi TNI, Pangkogabwilhan III, hingga Kepala Staf Umum (Kasum) TNI.

Siapa saja para Letjen TNI tersebut, berikut ini ulasannya:

1. Letjen TNI Bambang Ismawan

Bambang Ismawan merupakan jebolan Korps Baret Merah Kopassus yang kini menyandang pangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Di ini, abituren Akmil 1988 Bersama kecabangan Infanteri Kopassus menjabat sebagai Kepala Staf Umum (Kasum) TNI Sebelum 16 Januari 2023.

Sebelumnya menjabat sebagai seorang Kasum, pria kelahiran Klaten, Jawa Di Ke 1 Agustus 1966 ini telah menjalani karier yang panjang Untuk bidang militer. Ke antaranya, Danyon 23 Grup 2 Kopassus, Setelahnya Itu Danrem 012/Teuku Umar, Danrem 121/Alambhana Wanawai.

Kariernya Lebih cemerlang, dia Setelahnya Itu diangkat menjadi Pangdam XVI/Pattimura Ke 2021, Setelahnya Itu Dankodiklat TNI, Sebelumnya akhirnya menjadi Kasum TNI.

2. Letjen TNI Richard Taruli Horja Tampubolon

Abituren Akademi Militer (Akmil) 1992 Bersama kecabangan Infanteri Kopassus ini yang kini berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI. Sekarang Richard menjabat sebagai Panglima Komando Gabungan Area Lini Di (Pangkogabwilhan) III.

Pria kelahiran Jakarta, 24 Mei 1969 ini menghabiskan sebagian besar hidupnya dihabiskan Ke pasukan khusus TNI AD. Richard tercatat pernah menjabat sebagai Pabandya Lid Sintel Kopassus, Danyon 11/Grup 1/Kopassus, Wadan Grup 2/Kopassus, Asintel Danjen Kopassus, Komandan Grup 2/Kopassus, dan Komandan Grup 3/Kopassus hingga Wadanjen Kopassus.

Samping Itu, Richard juga pernah menduduki jabatan strategis sebagai Kaskogabwilhan I, Setelahnya Itu menjadi Dankoopssus TNI memimpin pasukan elite Bersama tiga pasukan khusus TNI AD, AL, dan AU. Lanjutnya, Pangdam XVI/Pattimura, Irjenad hingga Pangkogabwilhan III.

Jenderal Kopassus ini juga kenyang Bersama Penghayatan tempur Ke medan operasi Ke antaranya, Operasi Damai Cartenz, Operasi Nemangkawi, Operasi Seroja, Operasi Mandago Raya dan sebagainya.

3. Letjen TNI I Nyoman Cantiasa

I Nyoman Cantiasa merupakan salah seorang perwira tinggi (Pati) TNI Angkatan Darat jebolan Kopassus yang kini berpangkat Letnan Jenderal TNI. Di ini, dia menjabat sebagai Wakil Kepala Badan Intel Bangsa (Waka BIN).

Lahir Ke Buleleng, Bali, 26 Juni 1967, I Nyoman Cantiasa merupakan jebolan Akmil 1990 Bersama kecabangan Infanteri Kopassus. I Nyoman Cantiasa merupakan lulusan terbaik dan peraih Pengakuan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama.

Sejumlah posisi penting lain juga pernah ditempati Cantiasa Sebelumnya menjadi Waka BIN. Ke antaranya Danjen Kopassus Ke 2019-2020, Setelahnya Itu Pangdam XVIII/Kasuari, Pangkogabwilhan III hingga Koorsahli KSAD.

Di mengabdi Ke Korps Baret Merah Kopassus, Jenderal Bintang Tiga ini pernah diterjunkan Untuk berbagai operasi Di lain, Operasi Seroja, Operasi Pembebasan Sandera Mapenduma, Pemberontakan Ke Aceh, Operasi Nemangkawi, Operasi Damai Cartenz, Operasi pembebasan sandera kapal MV Sinar Kudus, dan Operasi Konflik Ambon 2001.

Letnan Jenderal TNI Berasal dari Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad

4. Letjen TNI Eko MargionoEko Margiono juga merupakan perwira tinggi (Pati) berpangkat Letnan Jenderal (Letjen) TNI jebolan Kopassus. Di ini, Eko Margiono menjabat sebagai Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas).

Jenderal Kopassus kelahiran Semarang, Jawa Di, 12 Mei 1967 ini juga sosok Jenderal TNI yang Memiliki karier cemerlang. Jabatan penting yang pernah Ke embannya Ke antaranya, Gubernur Akmil, Danjen Kopassus, Pangdam Jaya, Setelahnya Itu Pangkostrad, Kasum TNI, Dankodiklat Sebelumnya akhirnya diangkat menjadi Wakil Gubernur Lemhannas.

Bukan Hanya Itu, abituren Akademi Militer (Akmil) 1989 Bersama kecabangan infanteri Kopassus ini kenyang Bersama Penghayatan Ke medan operasi Ke antaranya Ke Operasi Seroja Ke Timor-Timur (Timtim) sekarang Timor Leste, Setelahnya Itu Operasi Ke Papua, dan Aceh. Termasuk penugasan Ke sejumlah Bangsa Ke Asia, Eropa, dan Amerika.

Tak heran jika Eko Margiono Memiliki sejumlah brevet kehormatan Ke antaranya, Brevet Para Dasar, Brevet Seleksi Komando Kopassus, Brevet Seleksi Cakra Kostrad, dan Brevet Seleksi Pandu Udara (Pathfinder).

Letnan Jenderal TNI Berasal dari Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Letnan Jenderal TNI Berasal Bersama Kopassus, Ada Kasum TNI, Waka BIN hingga Pangkostrad