Bisnis  

Pelni Ajukan PMN 2025 Rp2,5 Triliun, Buat Beli 2 Kapal Terbaru

PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mengajukan PMN tahun Dana 2025. FOTO/dok.SINDOnews

JAKARTA – PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni mengajukan Penyertaan Modal Bangsa (PMN) tahun Dana 2025 sebesar Rp2,5 triliun. Dana segar ini digunakan Sebagai pembelian dua unit kapal penumpang Terbaru.

Usulan PMN 2025 disampaikan Direktur Utama Pelni, Tri Andayani, Di Pertemuan dengar pendapat (RDP) bersama Komisi VI Wakil Rakyat RI, Selasa (9/7/2024). Hal tersebut dilatarbelakangi Didalam beberapa pertimbangan, seperti umur armada kapal Di atas 30 tahun sebanyak 12 kapal atau ekuivalen 46 persen Di total armada laut yang dimiliki perusahaan.

“Kami mengusulkan nilai PMN sebesar Rp2,5 triliun Sebagai pembelian dua unit kapal penumpang Terbaru new building yang telah melewati ukur teknisnya 30 tahun Ke tahun 2024 ini,” ujar Tri Andayani.

“Usulan ini dilatarbelakangi Didalam beberapa pertimbangan yaitu umur armada kapal Di atas 30 tahun sebanyak 12 kapal atau ekuivalen 46 persen,” paparnya.

Baca Juga: BUMN Banyak yang Megap-megap, Ini Saran Sri Mulyani

Menurut dia usia kapal Di atas 30 tahun Memberi risiko buruk Untuk keselamatan penumpang dan awak kapal. Di Samping Itu, tidak efisien Di sisi operasional dan teknis.

“Tentunya Berencana Memberi risiko aspek keselamatan dan dampak inefisiensi yang juga Lebih Menimbulkan Kekhawatiran Ke aspek operasional dan teknis, Lebih bertambahnya umur kapal,” beber Tri.

Alasan lain adalah Indonesia sebagai Bangsa kepulauan, Agar pemerintah harus menjamin aksesibilitas dan konektivitas Kelompok antar pulau.

Baca Juga: Belanja Bangsa Naik Karena Itu Rp1.398 T, Paling Banyak Berlari Di Bantuan Pemerintah

“Pengangkutan penumpang Melewati moda transportasi laut menjadi hal yang sangat penting dan harus terus dilaksanakan,” ucap dia.

Artikel ini disadur –> Sindonews Indonesia News: Pelni Ajukan PMN 2025 Rp2,5 Triliun, Buat Beli 2 Kapal Terbaru